Tuesday, February 19, 2013

Crash!

Oke, kita mulai menulis.

Ini merupakan sebuah cerita yang bisa juga menjadi pembelajaran bagi kita semua. Kejadian ini terjadi saat gue cuti, tepatnya tanggal 11 Februari 2013. Maksud hati mau istirahat dirumah, taunya malah kena kejadian ini.

Ini merupakan sebuah kejadian beruntun, yang dipicu oleh konvoi rombongan umroh. Dari awal, gue udah curiga banget sama ni rombongan, mereka konvoi sekitar 15 mobil (padahal yang berangkat umroh cuma 2 orang) yang terisi penuh, dengan kecepatan tinggi, dan tanpa pengawalan polisi. Mereka menginginkan terus berada bersamaan dengan rombongannya, sehingga mereka selalu berusaha menempel rombongan di depannya, padahal, saat itu (08.30 waktu Bogor) kondisi lalu lintas dalam keadaan cenderung ramai.

Sampai lah di kejadian tidak mengenakkan itu, gue berenti, karena di depan gue ada mobil berputar arah, mobil dibelakang gue pun berenti (termasuk dalam rombongan), walaupun dengan bunyi rem yang mendadak, tapiii, mobil ketiga (termasuk dalam rombongan juga) yang berada dalam barisan tersebut tidak berhasil melakukan pengereman mendadak, hal ini terbukti karena terdengar bunyi rem panjang sebelum tabrakan beruntun terjadi. Sebenarnya jeda gue dan belakang mobil gue berenti cukup lama (sekitar 3 detik) tetapi masalahnya, mobil ketiga ini dia sambil main handphone, ntahlah sms atau ngapain, yang pasti dia megang handphone, sehingga dia tidak responsif saat ada kendaraan berhenti di depannya. 

Akhirnya tabrakan beruntun pun tidak terhindarkan, mobil ketiga tersebut menabrak mobil yang berada tepat dibelakang gue dengan keras, sehingga, karena mobil kedua pun tidak terlalu menjaga jarak yang cukup, efeknya mobil kedua tersebut terdorong dan menabrak bagian belakang mobil gue.

Mobil ketiga yang paling parah
Mobil kedua yang rusak bagian depan dan belakangnya


Mobil yang gak tau apa-apa

Naaah, pelajarannya nih:
1. Kalo misalnya nganter orang, ntah umroh, haji, duka cita, kawinan, atau sunatan, jangan terlalu banyak rombongan yang konvoi deh, masa yang umroh 2 orang, yang anter sampe 15 mobil, apalagi dengan kecepatan tinggi.
2. Usahakan coba, kalo misal mau konvoi dalam jumlah berapapun, itu pake patwal, atau dikawal polisi
3. Jika tidak berkehendak untuk dikawal polisi, sudahlah gak usah konvoi-konvoi segala, karena bagaimanapun kan jalan milik umum, jika hendak konvoi pun, coba yang sopan, gak perlu arogan
4. Jangan menggunakan handphone saat berkendara
5. Jaga jarak aman, karena ini bisa merugikan orang lain juga
6. (Diluar konten) Kalo mobilnya dicover asuransi, coba masukin ke bengkel rekanan asuransi aja, jika masuk ke bengkel yang bukan rekanan asuransi ternyata urusannya ribet *curhat*

KEEP SAFETY!

No comments:

Post a Comment