Tuesday, March 25, 2014

Tugas Individu Manajemen Pemasaran: Strategic Planning, oleh: Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc

Febrianto Arif Wibowo
Graduate Student of Management and Business Program
Bogor Agricultural University
Kelas E-49

Strategic Planning
Strategi palnning atau secara harfiah disebut dengan Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. Berbagai teknik analisis bisnis dapat dgunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technological), atau STEER (Socio-cultural, Technological, Economic, Ecological, Regulatory).


Perencanaan Strategis ( Strategic Planning ) adalah sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, sehingga rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan organisasi dari kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai 10 tahun ke depan (Kerzner,2001)


Untuk mencapai sebuah strategy yang telah ditetapkan oleh organisasi dalam rangka mempunyai keunggulan kompetitif, maka para pimpinan perusahaan, manajer operasi, haruslah bekerja dalam sebuah sistem yang ada pada proses perencanaan strategis / strategic planning (Brown,2005). Kemampuan manufaktur, harus dipergunakan secara tepat, sehingga dapat menjadi sebuah senjata yang unggul dalam sebuah perencanaan stategi (Skinner,1969) .Untuk mencapai sebuah strategy yang telah ditetapkan oleh organisasi dalam rangka mempunyai keunggulan kompetitif, maka para pimpinan perusahaan, manajer operasi, haruslah bekerja dalam sebuah sistem yang ada pada proses perencanaan strategis (Brown,2005). Kemampuan manufaktur, harus dipergunakan secara tepat, sehingga dapat menjadi sebuah senjata yang unggul dalam sebuah perencanaan stategi (Skinner,1969).



Perencanaan strategis secara eksplisit berhubungan dengan manajemen perubahan, hal ini telah menjadi hasil penelitian beberapa ahli . Lorange (1980), menuliskan, bahwa strategic planning adalah kegiatan yang mencakup serangkaian proses dari inovasi dan mengubah perusahaan, sehingga apabila strategic planning tidak mendukung inovasi dan perubahan, maka itu adalah kegagalan.

Dosen Pengampu Mata Kuliah:
1. Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc
2. Dr. Mukhamad Najib, MM
3. Dr. Ir. Kirbrandoko, MSM

Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M. Sc

Lecture Notes based on book by UjangSumarwan, AgusDjunaidi, Aviliani, H.C RoykeSinggih, JusupAgusSayino, Rico R. Budidarmo, SofyanRambe. 2009.Pemasaran Strategik :Strategis untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham(Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth in Creating Share Holder Value). Jakarta. Inti Prima.




Sumarwan, U., AchmadFachrodji., Adman Nursal., ArissetyantoNugroho., Erry Ricardo Nurzal., IgnAnungSetiadi., Suharyono., ZeffryAlamsyah. Cetakanke 2.2011. PemasaranStrategik: Persfektif Value-Based Marketing danPengukuranKinerjaStrategic Marketing: Value Based and Performance Measurement Perspectives). Bogor, IPB Press.


Please Visit:

No comments:

Post a Comment